Mulai Hari Ini, Pemkot Tambah Penutupan di 3 Ruas Jalan Ini

Ilustrasi | Foto: traveloka.com
Mari berbagi

JoSS, SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang menambah penutupan jalan di wilayah ini guna mengurangi aktifitas warga untuk menekan penyebaran virus corona yang semakin masif. Penutupan jalan Dr Wahidin, Majapahit dan Imam Bonjol diberlakukan mulai hari ini, Senin (20/4).

Dengan demikian kini tiap malam ada 8 ruas jalan yang telah ditutup Pemkot Semarang, setelah sebelumnya lima ruas jalan prtokol sudah dilakukan penutupan.

Adapun jalan yang akan ditutup tersebut diantaranya, Jalan Dr Wahidin mulai simpang Kaliwiru hingga simpang Sisingamangaraja, Jalan Lamper Tengah mulai Simpang Majapahit hingga simpang Mrican, dan Jalan Tanjung mulai simpang Imam Bonjol hingga simpang Pemuda, akan ditutup setiap malam mulai pukul 18.00 hingga pukul 06.00.

Terkait hal itu, Kepala Dishub Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, penambahan pembatasan akses lalulintas menjadi langkah yang diambil oleh Dishub Kota Semarang bersama Satlantas Polrestabes Semarang yang bertujuan mengurangi ruang gerak masyarakat ditengah wabah covid-19.

“Arah atas mulai kami batasi pergerakan lalulintasnya, untuk mengurangi ancaman penyebaran covid-19,” katanya, Minggu (19/4).

Sementara, dengan ditambahnya tiga penutupan jalan tersebut, total jalan yang ditutup di Kota Semarang sebanyak delapan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19.

Baca juga: Bandung Raya Dan Kota Tegal Disetujui Terapkan PSBB, Semarang Sudah Disarankan

Penutupan tiga ruas jalan ini merupakan penutupan tahap dua setelah sebelumnya Dishub dan Satlantas menutup lima ruas jalan protokol di pusat kota yakni Jalan Pemuda dari Paragon Mall hingga Tugu Muda, Jalan Pandanaran, Jalan Pahlawan dari air mancur hingga Simpanglima, Jalan Gajahmada dari Simpanglima hingga Simpang Gendhingan, serta Jalan Ahmad Yani dari simpang RRI hingga Simpanglima.

Di lain sisi, lanjut Endro, Dishub juga sudah mendapatkan sejumlah laporan warga terkait penutupan portal di masing-masing wilayah RT dan RW. Penutupan portal ini merupakan swakarsa dan prakarsa warga. Dia menilai, upaya ini mendukung langkah pemerintah kota mengurangi arus lalu lintas di di ruas jalan protokol.

“Kami harap seperti itu. Selain meminimalisir orang asing masuk ke wilayah, penutupan portal ini lebih bagu karena mengurangi dampak arus lalu linras di tingkatan lebih luas,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, pemberlakuan penutupan jalan bukan berarti tidak memberi akses sama sekali kepada warga setempat. Warga setempat masih bisa mengakses melalui jalan lain. Penutupan ini bertujuan untuk meminimalkan mobilitas yang bukan warga setempat.

Setelah dilakukan penutupan di lima jalan protokol di pusat kota, pihaknya melihat aktivitas di pusat sudah semakin berkurang.

“Covid-19 tidak boleh disepelekan, dan salah satu cara pencegahannya adalah kurangi aktifitas diluar luar rumah,” pungkasnya seperti dikutip dari Jagaberita.com. (lna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*